inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Kung Fu Hustle (2004)

Negara: Hong Kong, China
Tahun: 2004
Sutradara: Stephen Chow
Pemain: Stephen Chow, Wah Yuen and Qiu Yuen
Durasi: 95 menit

Stephen Chow disebut-sebut sebagai pengganti Bruce Lee. Dalam film berbiaya produksi sekitar US $ 20 juta ini, dia menjadi sutradara, penulis skenario, produser, sekaligus pemain.

Kekacauan melanda kota Shanghai pada tahun 1940-an. Geng-geng sedang mencari kekuasaan dan salah satunya adalah geng Kapak merah yang sangat ditakuti, yang diketuai oleh Kakak Sum yang tak terkenal dan secara jitu dinamai berdasarkan senjata pilihannya. Tanpa adanya penegak hukum, rakyat hanya bisa hidup damai di area orang miskin, contohnya adalah Rumah Susun Kandang Babi (Pig Sty Alley) yang dihuni rakyat dari berbagai latar belakang, dimiliki seorang juragan yang bejat dan istrinya yang bersifat sok berkuasa. Satu hari, dua orang pembuat masalah, Sing dan Bone, datang ke rusun meniru anggota Geng kapak dalam rangka mendapat pujian. Parahnya, mereka gagal, dan ulah Sing malah menarik perhatian negatif dari Geng kapak yang sebenarnya. Dalam sebuah pertempuran besar yang berlangsung lama, lebih dari 50 gengster dikalahkan oleh 3 orang penghuni yang sebenarnya adalah ahli bela diri: Coolie, ahli jurus Tendangan 12 Penjuru, Si Penjahit, ahli jurus Tangan Besi, dan Donat, ahli jurus Tongkat Enam Penjuru.
Sing dan Bone ditangkap oleh Kakak Sum karena membuat masalah dan mempermalukan Geng kapak di mata umum. Mereka lolos dari kematian ketika Sing mengutili gemboknya dengan cepat ketika mereka digantung. Sing meminta Sum untuk menjadikannya dan Bone anggota geng kapak. Kagum dengan keahlian mengutil kunci Sing, Sum lalu mengatakan kalau Sing berhasil membunuh 1 orang, ia akan diangkat menjadi anggota geng kapak. Esoknya, mereka kembali ke Rusun Kandang Babi untuk membunuh si Nyonya Juragan, tapi gagal total karena suatu tindakan yang bodoh. Mereka berpencar dan lolos dari amarah si Nyonya Juragan. Sing cedera parah dan bersembunyi di atas mimbar lampu lalu lintas, dimana cederanya terobati. Selama pemulihan, tanpa sadar Sing menonjoki sisi besi dari mimbarnya, meninggalkan bekas yang dalam untuk tangannya. Setelah pulih, Sing bertemu Bone kembali, tapi tak bisa menjelaskan perasaan anehnya Sing.

Kung Fu Hustle berhasil menampilkan jurus-jurus kung fu arahan koreografer Yuen Wo Ping. Adegan-adegan yang disajikan sangat mengundang tawa. Adegan-adegannya juga terlalu imajinatif dan terkesan lebay. Film ini juga menampilkan perlambang salah satu ciri khas film Asia, yaitu perubahan seseorang dari pecundang menjadi jagoan. Kung Fu Hustle menyajikan komedi-kung fu yang tidak boleh dilewatkan sebagai penghilang stress. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: