inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Hurt Locker (2008)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2009
Sutradara: Kathryn Bigelow
Pemain: Jeremy Renner, Anthony Mackie and Brian Geraghty
Durasi: 131 menit

Berdasarkan Wikipedia, The Hurt Locker adalah film perang Amerika Serikat tahun 2009. Film ini berkisah mengenai tim Explosive Ordnance Disposal (EOD) yang dibentuk oleh tentara Amerika Serikat selama Perang Irak. Film ini disutradarai oleh Kathryn Bigelow dan dibintangi oleh Jeremy Renner, Anthony Mackie, Brian Geraghty, dan masih banyak lagi.

Film The Hurt Locker pertama kali dirilis di Italia tahun 2008, ketika film ini muncul pada Venice Film Festival. Setelah ditampilkan di Toronto International Film Festival, film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 26 Juni 2009. The Hurt Locker telah memenangkan enam penghargaan Academy Awards ke-82, termasuk penghargaan Sutradara Terbaik untuk Kathryn Bigelow dan Film Terbaik.

J.T. Sanborn (Anthony Mackie) dan Owen Eldridge (Brian Geraghty) adalah dua orang tentara dari kesatuan tim gegana yang bertugas di Irak pada tahun 2004. Mereka berdua bertugas menyisir area yang akan dilewati tentara Amerika untuk mencari ranjau yang kemungkinan ditanam oleh tentara Irak.

Tugas tim ini bukanlah tugas yang mudah. Sanborn dan Eldrige tak boleh membuat kesalahan sekecil apa pun atau nyawa orang lain yang akan jadi korban. Itu terbukti ketika atasan mereka jadi korban dalam salah satu misi yang mereka lakukan. Namun kesadaran akan pentingnya ketelitian itu dengan segera menjadi sesuatu yang tak lagi diperlukan ketika tim ini mendapat pimpinan baru.

Tak seperti atasan sebelumnya, Sersan William James (Jeremy Renner) adalah seorang tentara yang ‘tak biasa’. James selalu melakukan tindakan yang menurut aturan standar militer adalah tindakan yang ceroboh dan tak bertanggung jawab. James tak suka menggunakan robot untuk melumpuhkan ranjau dan lebih suka terjun langsung ke medan ranjau dan melumpuhkannya dengan tangan kosong. Sebagai bawahan, Sanborn dan Eldridge tak bisa berbuat apa-apa selain mengikuti perintah atasan.

Film yang memenangkan Piala Oscar sebagai film terbaik mengalahkan Avatar yang lebih dahulu diunggulkan. Awalnya saya tidak menyangka Avatar akan kalah, setelah saya menonton The Hurt Locker, saya baru menyadari bahwa film ini pantas menang. Film berlatar perang Irak, The Hurt Locker tampil dengan teknik handheld camera, teknik yang biasanya dipakai untuk film-film perang. Gambar pun goyang-goyang dengan shot yang kurang rapi. Pergantian angle kamera yang pas merupakan editing yang bagus untuk film ini. Berlatar perang di Irak, menjadikan Kathryn Bigelow sutradara wanita yang tangguh dalam membuat film di tengah perang yang mendera. Latar suasana konflik perang menjadi sesuatu yang menegangkan dari film ini. Ketegangan itu saya dapat ketika adegan mencari dan menjinakkan bom, juga reaksi warga pribumi terhadap keberadaan mereka. Kekuatan film ini tak hanya itu, Jeremy Rener, sang aktor dapat tampil meyakinkan di film ini. The Hurt Locker memang bukan film perang biasa, sulit dicerna bagi orang awam. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: