inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Pulp Fiction (1994)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1994
Sutradara: Quentin Tarantino
Pemain: John Travolta, Uma Thurman and Samuel L. Jackson
Durasi: 154 menit

Pulp Fiction adalah sebuah film tahun 1994 karya sutradara Quentin Tarantino, yang menulis naskah cerita film tersebut bersama Roger Avary. Sebagai sebuah film drama kriminal dengan alur cerita yang non-linear, film tersebut terkenal karena dialog-dialognya yang kaya dan menggunakan kosa kata yang unik, campuran humor dan kekerasan yang ironis, dan masuknya berbagai referensi film dan kebudayaan pop. Film ini dinominasikan untuk tujuh Piala Oscar, termasuk Film Terbaik. Tarantino dan Avary memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Original Screenplay. Film ini juga dianugerahi penghargaan Palme d’Or di Festival Film Cannes. Sebagai sebuah film yang sukses secara komersial, film ini juga menghidupkan kembali karier pemeran utamanya, John Travolta, yang menerima nominasi Piala Oscar, dan pemeran pembantunya, Samuel L. Jackson dan Uma Thurman.

Vincent Vega dan Jules Winnfield adalah dua orang pembunuh bayaran yang sedang dalam misi memburu sebuah koper yang isinya telah dicuri dari bos mereka, Marsellus Wallace. Marsellus sedang ‘dinas’ ke luar kota. dan meminta Vincent menjaga istrinya, Mia, dengan mengajaknya pergi. Butch Coolidge adalah seorang petinju yang berurusan dengan Marsellus dan disuruh kalah dalam pertarungan terakhirnya.Ketika Butch akhirnya malah membunuh petinju lawannya, dia harus kabur dari Marsellus. Pumpkin dan Honey Bunny (bukan nama sebenarnya) adalah dua orang pencuri yang memutuskan untuk mencuri di tempat mereka makan.

Tipe film dengan plot aneh. Ditampilkan dalam beberapa sub judul. Yang semuanya sulit dicari hubungannya. Tapi gaya bertutur film ini hebat, khas Quentin Tarantino. Bergaya chapter by chapter, shot-shot unik, gerakan kamera yang tidak membuat bosan dan adegan bersimpah darah yang membuat lezat film ini. Duet maut John Travolta dan Samuel L. Jackson juga membuat jantung berdegup kencang. Seram. Muka bengis Samuel L. Jackson yang mengerikan menambah ketegangan film ini. Apalagi dia siap membunuh seseorang dengan mengutip kata-kata dari suatu kitab menambah suasana tegang.

Filmnya sendiri banyak terdapat adegan menodongkan pistol. Banyak adegan gore yang muncul secara tiba-tiba. Membuat saya tiba-tiba terbelalak kaget.

Bagi yang mengharapkan film full action pasti kecewa. Karena film ini meskipun tentang mafia, namun minim aksi. Cuma ketegangan yang dibangun cukup sempurna di sepanjang film.Namun banyak kandungan dalam film dengan plot nonlinear ini. Seperti suara kebaikan yang dilakukan secara radikal. Penggunaan kata-kata unik dan memorable. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: