inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) (2001)

Judul Asli: Sen to Chihiro no Kamikakushi
Negara: Jepang
Tahun: 2001
Sutradara: Hayao Miyazaki
Pengisi Suara: Rumi Hiiragi, Miyu Irino, Mari Natsuki
Durasi: 125 menit

Spirited Away merupakan film yang sudah lama ingin saya tonton, dan saat ini pun keinginan saya terwujud. Rasa penasaran akan aroma keperkasaan anime Jepang di tangan Hayao Miyazaki pun terjawab sudah. Saya malah ingin mencicipi karya yang lain dari Studio Ghibli dan menantangnya agar bisa menyajikan film yang lebih fantastis dari Spirited Away. Menurut Wikipedia, Spirited Away dirilis di Jepang pada Juli 2001, menarik penonton sebanyak sekitar 23 juta dan meraup pendapatan sebesar 30 miliar yen, mengalahkan Titanic untuk menjadi film tersukses dalam sejarah Jepang. Film ini memenangkan penghargaan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik dan menjadi anime pertama yang meraih penghargaan dalam kategori tersebut. Film ini juga memenangkan Golden Bear pada Pesta Film Internasional Berlin 2002 (bersama Bloody Sunday).

Film ini berkisah tentang anak kecil bernama Chihiro yang sedang pindah rumah. Saat hampir sampai di tempat tujuan, Chihiro, ayah, dan ibunya malah salah jalan dan nyasar di tempat seperti taman bermain yang sudah tidak terpakai lagi. Karena penasaran mereka malah masuk ke tempat asing. Chihiro sebenarnya takut dan keberatan, namun karena juga takut ditinggal sendirian dia pun terpaksa mengikuti ayah dan ibunya. Kemudian karena terpesona oleh makanan, ayah dan ibu Chihiro malah asyik makan di suatu restoran misterius dan tidak mempedulikan Chihiro. Chihiro yang bingung bertemu dengan anak laki-laki bernama Haku yang menyuruhnya pergi.

Zeniba: Now, try to remember as much as you can about your old life.
Chihiro: For some reason, I can remember Haku… from a long time ago… but I thought I never met him before!
Zeniba: Oh, that’s a wonderful place to start! Once you meet someone, you never really forget them.

Ketika hendak pergi, Chihiro kaget bukan kepalang karena menemukan ayah ibunya berubah menjadi babi dan tempat itu berubah ramai dengan kedatangan hantu dan monster yang seram, sementara jalan keluar taman pun telah tergenangi oleh air sehingga Chihiro benar-benar terjebak di tempat itu sendirian. Saat kalut Haku pun datang dan menyuruhnya menemui Kamaji untuk mendapatkan kerja di rumah mandi sehingga dia akan mempunyai kesempatan untuk menyelamatkan orang tuanya. Meskipun takut, akhirnya Chihiro berhasil bertemu dengan Kamaji yang kemudian menyuruh seorang pekerja bernama Rin untuk mengantarkannya pada pemilik rumah mandi yaitu Yubaba.

Chihiro: You don’t remember your name?
Haku: No, but for some reason I remember yours.

Chihiro diterima bekerja sebagai asisten Rin, meski senang berhasil mendapat pekerjaan tapi dia masih sangat takut dan sedih karena berada di tempat yang sangat asing dan tidak aman. Namun dia harus bertahan untuk menyelamatkan orang tuanya, sehingga dia pun menguatkan hatinya. Di rumah mandi tersebut, Chihiro yang namanya telah diubah oleh Yubaba menjadi Sen bertugas melayani hantu dan monster yang hendak mandi. Chihiro juga memiliki kenalan hantu berjuluk No-Face yang sangat menyayanginya namun juga sempat merepotkannya bahkan memakan rekan kerjanya.

Nah, berhasilkah Chihiro menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia? Siapakah sebenarnya Haku, benarkah dia teman yang baik? Akankah Chihiro dan Haku berteman selamanya?

Chihiro: Where is Haku… You better get here before I forget what my parents look like. I hope Dad hasn’t gotten too fat.

Spirited Away menyajikan apa yang sejatinya film animasi tampilkan pada umumnya, namun ini tidak biasa. Spirited Away menampilkan animasi 2D yang solid dan keren. Gambar yang ditampilkan begitu ekspresif, background fantasinya bak lukisan di atas kanvas. Ini merupakan kelebihan animasi Jepang, format 2D namun komposisinya begitu ciamik. Gambar-gambar janggalnya mampu mewakili serunya petualangan yang tak terbayangkan sebelumnya. Memang sebuah suguhan petualangan fantasi yang menakjubkan. Ditambah suaranya yang mampu mewakili nuansa mistis film yang penuh misteri ini.

[in Japanese]
Chihiro: Listen, Haku. I don’t remember it, but my mom told me… Once, when I was little, I fell into a river. She said they’d drained it and built things on top. But I’ve just remembered. The river was called… Its name was the Kohaku River. Your real name is Kohaku.
[Haku slowly changes into a boy again, permanently shedding away his white dragon skin. The two are falling from the sky, holding each other’s hands]
Haku: Chihiro, thank you. My real name is Nigihayami Kohaku Nushi.
Chihiro: Nigihayami?
Haku: Nigihayami Kohaku Nushi.
Chihiro: [starts to cry] What a name. Sounds like a god.
Haku: I remember too, how you fell into me as a child. You had dropped your shoe.
Chihiro: Yes, you carried me to shallow water, Kohaku.
[they put their faces close together, close enough to kiss]
Chihiro: I’m so grateful!

Ceritanya bagus, tak biasa dan sangat menarik. Mencoba menyindir sifat abadi manusia, serakah, rakus, tidak pernah puas, dan sebagainya. Cerita tersebut telah menginspirasi saya juga karakter Chihiro yang tidak punya sifat seperti yang saya sebutkan di atas. Chihiro digambarkan baik hati dan punya pendirian yang kuat. Inilah mengapa dia disukai oleh hampir semua makhluk di film ini.

Disajikan dengan arahan master anime Jepang, Hayao Miyazaki, tentunya Spirited Away semakin mengukuhkan keperkasaan animasi Jepang. Spirited Away adalah salah satu film animasi terbaik yang pernah dimiliki Jepang. Tentunya Spirted Away menyajikan petualang fantasi yang teramat menakjubkan. Adanya Spirited Away semakin membuktikan bahwa film animasi 2D pun tidak kalah bagus dari animasi 3D. (Review by Achmad Muchtar)

4 responses to “Spirited Away (Sen to Chihiro no Kamikakushi) (2001)

  1. RG. WIDAGDO Februari 16, 2012 pukul 23:03

    aku sudah liat yg ini. tidak ada kata lain selain BAGUS!

  2. malisa ardilla Mei 13, 2013 pukul 22:10

    film kartunnya keren, suka sekali nontonnya
    jadi suka berkhayal tentang dunia seperti di film ini
    bener² kerennn😀

    thanks postingannya🙂

  3. Pingback: Spirited Away / Sen to Chihiro no kamikakushi (2001) | Film Baru Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: