inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Toy Story 3 (2010)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2010
Sutradara: Lee Unkrich
Pemain: Tom Hanks, Tim Allen and Joan Cusack
Durasi: 103 menit

Film Toy Story 3 adalah lanjutan dari film Toy Story (1995) dan Toy Story 2 (1999). Dirilis pada tahun 2010, film ini langsung meledak dan melesat ke posisi atas Box-Office tahun 2010. Tak dapat dipungkiri, film ini dianggap film animasi terbaik tahun 2010 dengan diraihnya piala Oscar untuk Film Animasi Terbaik dan Lagu Soundtrack Terbaik di Academy Awards 2011.

Andy’s Mom: [from trailer]
[speaking to someone else]
Andy’s Mom: Andy’s going to college. Can you believe it?
Andy: Mom, I’m not leaving ’til Friday.
Andy’s Mom: [about Andy’s toys in the toy chest] What are you going to do with these old toys?

Andy yang sekarang menjadi dewasa muda, sudah berstatus mahasiswa. Karna itulah semua boneka mainannya, dikirim ke sebuah tempat penyimpanan. Sebelum mainan dapat diletakkan di loteng, mereka secara tak sengaja terbuang dan terangkut oleh truk sampah manusia. Para mainan menemukan diri mereka di sebuah pusat penitipan anak, di mana mereka harus mencoba bertahan hidup bersama anak-anak pra-sekolah.

Inilah contoh film sekuel animasi terbaik yang pernah saya tonton. Atmosfer film ini masih tidak meninggalkan aroma dan karakter film pertama dan kedua. Inilah yang membuat film ini adalah contoh sekuel film yang sangat bagus dan kualitasnya mampu melampaui kedua film sebelumnya.

Toy Story 3 merupakan film yang punya banyak adegan yang menyentuh dan mengharukan. Hal ini dimantapkan dengan teknologi yang semakin mutakhir menampilkan gambar yang enak dilihat dengan gerakan yang semakin halus. Memang film pertamalah yang orisinil, namun sebagai film sekuel, Toy Story 3 yang paling unggul. Kisah persahabatan yang sangat manusiawi dialami oleh mainan yang mampu ‘hidup’. Ada persahabatan, kisah romansa hingga kejahatan yang mewarnai film keluarga ini. Saya sempat kecewa dengan adanya sequence kejahatan di film ini termasuk adegan reboot yang sudah pernah dibuat. Namun hal itu mampu termaafkan dengan hadirnya petualangan mendebarkan menuju akhir film. [SPOILER] Juga sebuah perpisahan yang amat menyedihkan di ending film. Menonton film ini bagai mengucapkan perpisahan kepada Andy dan mainan-mainannya. Toy Story 3 adalah sebuah film penutup yang amat memuaskan saya.

Woody: You wait. Andy’s gonna tuck us in the attic. It’ll be safe and warm…
Buzz Lightyear: And we’ll all be together.
Woody: Exactly! There’s games up there and books and…
Buzz Lightyear: The race car track!
Woody: The race car track. Thank you!
Slinky Dog: And the old TV.
Woody: There you go, the old TV. And those guys from the Christmas decorations box. They’re fun, right?

Melalui film ini saya disajikan drama yang sangat mengharukan. Pun juga disajikan petualangan seru yang membuat hati bergetar karena disisipi drama dan gerakan animasi kelas satu. Animasinya yang lebih lembut dibanding film-film pendahulunya, sehingga berbagai ekspresi dan tingkahnya mampu mewakili jalan ceritanya secara sempurna. Toy Story 3 merupakan gambaran film animasi tersukses, sukses dalam memberi tontonan yang seru juga sukses di tangga Box-Office.

Persahabatan dan cinta adalah ikatan untuk selamanya. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: