inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Artist (2011)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2011
Sutradara: Michel Hazanavicius
Pemain: Jean Dujardin, Bérénice Bejo and John Goodman
Durasi: 100 menit

Sebuah keberanian membuat film hitam putih dan bisu di zaman yang sudah canggih ini. Keberanian The Artist membuahkan hasil beberapa piala Oscar termasuk film terbaik.

Berlatar belakang cerita pada tahun 1929 hingga 1931, The Artist dibuka dengan kisah kesuksesan seorang aktor film-film bisu yang tampan dan memiliki kharisma yang begitu mempesona bagi para penggemarnya, George Valentin (Jean Dujardin). Di era keemasannya, tidak ada satupun film yang dibintangi oleh George yang gagal ketika dirilis di pasaran. Publik begitu mencintai dirinya, termasuk Peppy Miller (Bérénice Bejo), seorang gadis cantik yang juga sedang berusaha untuk memulai karirnya di industri film Hollywood. Lewat sebuah perjumpaan yang tidak disengaja, George dan Peppy berkenalan satu sama lain. Menyadari bahwa Peppy sedang merintis karirnya di industri film, George juga tidak segan untuk memberikan saran kepada Peppy mengenai langkah-langkah yang haruisnya dilakukan Peppy untuk dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan industri film Hollywood.

Tahun berganti, dan seiring dengan kemajuan teknologi, film-film bisu mulai tergantikan posisinya dengan film-film yang menggunakan dialog dalam penceritaannya. Banyak studio film kemudian mulai menutup divisi film-film bisu mereka, sebuah gerakan yang jelas mempengaruhi karir George, yang tidak dengan serta-merta menerima perubahan kemajuan zaman tersebut. Secara perlahan, posisi George Valentin sebagai bintang tenar Hollywood mulai meredup akibat penolakan George untuk membintangi film-film yang menggunakan dialog dan suara. Di sisi lain, Peppy Miller ternyata mulai meraih perhatian besar di kalangan pembuat film Hollywood dan kemudian tumbuh menjadi kesayangan publik Amerika Serikat. Peppy, yang kini merupakan seorang aktris besar Hollywood, ternyata tidak melupakan rasa kagumnya terhadap seorang George Valentin. Secara sembunyi-sembunyi, Peppy mulai memberikan perhatian kepada bintang idolanya tersebut.

Ada Jean Durjadin yang paling menarik perhatian di film ini. Performanya begitu natural dan sudah berpengalaman. Senyum yang kharismatik di beberapa adegan dan raut wajah gelisah mampu ditampilkan secara gemilang. Ada pula Bejo yang awalnya menjadi saingan Jean dalam film ini juga mampu berakting lumayan bagus. Chemistry keduanya paling menarik saat berdansa. Menyenangkan.

The Artist merupakan film bisu dan hitam putih. Disengaja untuk set film tahun 20-an. Seperti film zaman dahulu, The Artist berhasil menipu publik. Orang awam akan mengira ini adalah film jadul, padahal film ini baru. Film ini memang 100% tidak bisu, ada musik dan suara bukan dialog yang diperdengarkan. Juga tidak 100% tanpa dialog karena masih ada dialog yang tak bersuara namun memakai teks penuh di layar. Nuansa film ini memang sangat kuno. Tampilan, setting dan pergerakan kurang halusnya mampu mengelabui bahwa ini film baru.


Ada makna yang terkandung dalam film ini. Tentang keartisan. Yang tanpa sengaja mendadak terkenal dan mendadak tenggelam. Ketakutan akan rendahnya harga diri juga turut memperdalam kisahnya. Hingga rasa saling pengertian dan tolong menolonglah efek ampuh dari segala masalah keartisan dalam film ini. Film yang bagus. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: