inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Shawshank Redemption (1994)

Negara: Amerika Serikat
Sutradara: Frank Darabont
Pemain: Tim Robbins, Morgan Freeman
Durasi: 142 menit
Rated R for language and prison violence.

Tidak ada yang mudah, tetapi tidak ada yang tidak mungkin. Kata-kata tersebut cocok disematkan pada film karya Frank Darabont yang penuh motivasi ini. Selain mendapatkan beberapa nominasi Oscar, film ini menduduki peringkat pertama film-film paling berkualitas versi IMDb Top 250.

Langsung saja ke sinopsisnya. Seorang bankir muda yang kariernya sedang menanjak, Andy Dufresne (Tim Robbins) dijatuhi hukuman penjara seumur hidup lantaran bukti-bukti yang ada menunjukkannya adalah pembunuh istrinya dan juga pria selingkuhan istrinya itu, padahal sebenarnya ia bukan pelakunya. Andy kemudian dikirim ke sebuah penjara bernama Shawshank Prison yang dipimpin oleh Sipir Samuel Norton (Bon Gunton).

Andy Dufresne: That’s the beauty of music. They can’t get that from you… Haven’t you ever felt that way about music?
Red: I played a mean harmonica as a younger man. Lost interest in it though. Didn’t make much sense in here.
Andy Dufresne: Here’s where it makes the most sense. You need it so you don’t forget.
Red: Forget?
Andy Dufresne: Forget that… there are places in this world that aren’t made out of stone. That there’s something inside… that they can’t get to, that they can’t touch. That’s yours.
Red: What’re you talking about?
Andy Dufresne: Hope.

Di sana, Andy pada mulanya sangat terisolasi dan kesepian, namun ia lalu menyadari bahwa dalam hatinya masih tersimpan sepercik harapan. Ia kemudian bersahabat dengan Red (Morgan Freeman), narapidana seumur hidup lain yang bisa mengatur apa saja di penjara tersebut. Red yang membantu Andy bisa bertahan di penjara yang sangat keras itu. Tidak hanya itu, berkat kemampuan finansialnya itulah Andy mendapatkan teman dari kalangan penjaga penjara, Hadley (Clancy Brown) lantaran membantu Hadley meminimalisasi pembayaran pajak secara legal.

Tidak lama kemudian penjaga penjara lain baik dari Shawshank Prison maupun beberapa penjara terdekat meminta advis keuangan dari Andy. Sehingga Andy pun diberikan ruang terpisah untuk mengerjakan keuangan para penjaga di balik topeng mengelola sebuah perpustakaan bersama salah satu narapidana tua. Sipir Norton yang akhirnya mengetahui perbuatan Andy, pun meminta Andy agar melakukan pencucian uang baginya. Tetapi Andy tetap punya impian sendiri yang dirahasiakan dari siapapun kecuali Red.

Red: Let me tell you something my friend. Hope is a dangerous thing. Hope can drive a man insane.

Film ini punya sinematografi yang apik sekali, punya akting memukau dari kedua aktor utamanya dan juga punya twist ending yang membuat kita termotivasi. Tidak banyak sebuah film punya cerita yang bagus diimbangi teknis film yang bagus pula. Angle-angle kamera, gerakan kamera, tata pencahayaan, setting dan editing yang bagus membuat film ini enak dinikmati tanpa membuat bosan, walaupun ini hanya sebuah opini dari seseorang yang kurang mengerti soal film. Akting kedua aktor yang berimbang menuai kesan istimewa film ini. Tak bisa dipungkiri bila film ini punya kualitas yang diatas rata-ra film-film Hollywood kebanyakan. Satu hal yang kurang dari film ini adalah hampir tak ada satu pun tokoh perempuan di film ini.

Andy Dufresne: [in letter to Red] Remember Red, hope is a good thing, maybe the best of things, and no good thing ever dies.

Kita dapat termotivasi melalui film yang punya makna persahabatan yang bagus ini. Kalau kita benar niscaya ada jalan untuk bebas walaupun harus melalui rintangan berat apapun. Kecerdasan kita adalah kekuatan kita untuk melawan rintangan tersebut. Dan percayalah bahwa di atas langit masih ada langit. Tonton terus film-film berkualitas! (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: