inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Children of Heaven (1997)

Negara: Iran
Tahun: 1997
Sutradara: Majid Majidi
Pemain: Mohammad Amir Naji, Amir Farrokh Hashemian and Bahare Seddiqi
Durasi: 89 menit

Film Iran yang mendapat nominasi Oscar sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik. Disutradarai oleh Majid Majidi. Selama sang ibu sakit, Ali (Amir Farrokh Hashemian) sementara menggantikan tugas ibunya berbelanja, namun hari itu sedikit berbeda, selain membeli keperluan sehari-hari seperti roti dan sayur mayur, bocah 9 tahun juga membawa sepasang sepatu milik adik perempuannya, Zahra (Bahare Seddiqi) untuk diperbaiki, sialnya disaat Ali sedang sibuk berbelanja tanpa sengaja ia menghilangkan sepatu tersebut.

Zahra jelas bersedih karena sang kakak sudah menghilangkan satu-satunya sepatunya yang akan digunakannya untuk sekolah keesokan harinya, namun karena takut dimarahi oleh ayah mereka (Mohammad Amir Naji), apalagi mereka mengetahui bahwa sang ayah tidak mempunyai uang untuk dapat membeli sepatu baru, Ali dan Zahra sepakat untuk merahasiakan rahasia kecil ini. Lantas bagaimana Zahra dapat bersekolah tanpa sepatunya? apakah Ali dapat menemukan kembali sepatu milik adik perempuannya?

Sebuah kebanggaan tersendiri bisa menonton film buatan Iran. Tontonan yang jarang saya temukan di sekitar kita. Film Iran memang beda dengan Hollywood kebanyakan. Film Iran terkesan lebih punya bobot dalam segi cerita dan pengadeganan. Salah satunya ada di film ini. Film yang sangat mengharukan. Ketika saya dihadapkan pada kisah keluarga miskin yang di dalamnya terdapat anak-anak berhati mulia. Sangat menyentuh dan ajaib. Padahal ceritanya hanya mengenai sepatu yang hilang, namun Majid Majidi membuat cerita sederhana itu menjadi tontonan petualangan seru yang dramatis. Sinematografinya pun berkelas tinggi menjadikan film ini padat tanpa celah. Ditambah akting yang memukau dari pemeran Ali dan Zahra. Adegan lari pun menjadi sesuatu yang menarik dari film ini.

Disamping drama, film ini masih memasukkan unsur komedi dalam film ini. Kelucuan-kelucuan spontan dalam film ini disajikan tidak berlebihan, namun pas. Yang menjadi menarik dari sebuah film salah satunya adalah ending. Film ini mempunyai ending yang mendebarkan dan menyentuh sekaligus mengharukan. Disinilah kesabaran dan tanggung jawab manusia diuji. Kebaikan anak-anak dari surga itu yang menjadi kisah ini begitu dramatis. Film yang sangat dianjurkan ditonton bersama keluarga atau ditonton bersama di dalam kelas. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: