inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Raid (2012)

Negara: Indonesia
Tahun: 2012
Sutradara: Gareth Evans
Pemain: Iko Uwais, Dony Alamsyah, Ray Sahetapy, Yayan Ruhyan
Durasi: 101 menit

Entah harus bangga atau gigit jari setelah menonton film ini. Bangga karena film ini telah memenangkan berbagai penghargaan Internasional dan filmnya memang pantas diacungi jempol. Gigit jari karena ternyata sutradaranya bukan orang Indonesia. Tetapi saya tetap bangga dan mengakui bahwa perkembangan perfilman Indonesia sudah membaik.

Film yang judul aslinya Serbuan Maut ini menampilkan aktor pencak silat yang sebelumnya pernah main di film tentang silat juga berjudul Merantau, yaitu Iko Uwais. Film ini dibeli Sony Pictures Classics, distributor Hollywood yang mengedarkannya ke berbagai negara di dunia. Memang merupakan kebanggan tersendiri.

Film genre action / laga ini bercerita tentang sebuah perjalanan 20 orang anggota pasukan khusus dalam menjalankan misi menangkap bandar narkotik kejam bernama TAMA di sebuah gedung 30 lantai yang tak tersentuh aparat. Gedung tersebut juga menjadi tempat para pembunuh, anggota geng, pemerkosa, dan pencuri berlindung untuk mencari tempat tinggal aman.

Film ini menyajikan suguhan aksi tingkat tinggi yang penuh darah. Kekerasan hampir terjadi di setiap adegannya. Full action dengan gaya Hollywood. Aksi-aksi yang hebat dan beringas mampu terkareografi secara detil. Suguhan nonstop actionnya mampu membuat jantung berdegup lebih kencang, menghela nafas panjang dan ikut terbawa emosi. Aksi Iko Uwais yang keren, juga Dony Alamsyah yang bagus aktingnya, serta Mad Dog yang sangat menyeramkan mampu membuat film ini lebih hidup.

Dengan cerita yang lumayan sederhana tapi diselipkan twist kecil di paruh akhir serta dibalut aksi sadis cukup mampu membuat film ini disukai banyak orang, terutama laki-laki. Emosi dapat tercurahkan dan meledak menonton film ini. Penuh dengan ketegangan dan aksi yang jauh dari efek komputer, membuatnya terkesan real. Sejauh ini, The Raid adalah film action Indonesia terbaik sepanjang masa. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: