inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Children of Men (2006)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2006
Sutradara: Alfonso Cuarón
Pemain: Julianne Moore, Clive Owen and Chiwetel Ejiofor
Durasi: 109 menit

Children of Men adalah film karya sutradara Alfonso Cuarón. Sutradara ini sebelumnya telah membuat seri ketiga Harry Potter menjadi tontonan yang lebih gelap namun indah lewat Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004). Cerita film Children of Men diadaptasi dari novel berjudul The Children of Men.

Cerita Children of Men mengambil latar waktu masa depan di tahun 2027 di Inggris. Masa depan digambarkan diambang kehancuran. Di tahun 2027 adalah tepat 18 tahun dimana tidak pernah terjadi kelahiran bayi. Dapat dikatakan manusia termuda saat itu berusia 18 tahun. Seluruh umat manusia sudah tidak mampu berreproduksi lagi. Hal yang langka pun akhirnya terjadi. Kee, gadis berkulit hitam ini diam-diam hamil besar. Hal yang menjadi rebutan antara dua pihak yang saling berperang, yaitu pemerintah Inggris dan gerakan makar “The Fishes“. Lalu Theo bahu membahu mengawal Keemenuju Human Project, yaitu proyek untuk meneliti Kee demi eksistensi spesies manusia. Perjuangan Theo yang awalnya dianggap enteng mendadak menjadi berat di tengah peperangan yang mengancam keselamatan Kee dan bayinya.

Children of Men bukan tontonan yang biasa. Bagi orang awam, film ini memang agak berat. Dengan sinematografi yang agak janggal namun keren film ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Alur film ini lumayan cepat, dan banyak adegan yang secara tiba-tiba mengagetkan. Direkam menggunakan teknik handheld sudah pasti gambar terlihat agak goyang. Ada juga adegan yang direkam long take, adegan panjang yang direkam kamera tanpa henti atau berkelanjutan. Adegan seperti itu menjadi ciri khas film ‘gila’ ini.Visualisasinya indah, dengan setting dunia diambang kehancuran, film ini menyajikan hal-hal yang ekstrem. Suasana perang dimana tembakan dan ledakan membahana dan menjadi sesuatu yang liar di film ini.Ceritanya sangat unik dan kejam, dimana manusia sudah tak memiliki kemampuan untuk mempunyai anak. Manusia-manusia termuda yang sesegera mungkin dilenyapkan. Ada gadis yang hamil dan seorang pria yang berjuang dan berusaha menyelamatkannya dari dunia yang kejam menjadi nilai inspiratif film ini.

Children of Men merupakan sajian sinematik yan berkualitas. Tidak hanya dari segi sinematografi dan ide ceritanya, namun secara keseluruhan. (Review by Achmad Muchtar).

One response to “Children of Men (2006)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: