inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Psycho (1960)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1960
Sutradara: Alfred Hitchcock
Pemain: Anthony Perkins, Janet Leigh and Vera Miles
Durasi: 109 menit

Berawal dari rasa penasaran saya terhadap film paling menakutkan di Amerika Serikat, saya pun melakukan segala cara untuk bisa menonton film yang disebut-sebut sebagai film thriller paling menakutkan sepanjang masa. Disutradarai oleh master… film thriller, Alfred Hitchcock yang terkenal juga lewat karya klasik Vertigo, Rear Window dan Dial M for Murder menjadikan film ini menegangkan.

Norman Bates: Mother! Oh God, mother! Blood! Blood!

Marion Crane (Janet Leigh) membawa lari uang sejumlah $40,000 yang dia dapat dari salah satu klien perusahaan tempat dia bekerja. Marion sebenarnya diminta membawa uang itu ke bank. Tapi akhirnya dia malah membawa kabur uang tersebut yang rencananya akan dia gunakan untuk menikahi kekasihnya, Sam Loomis (John Gavin). Marion lalu melakukan perjalanan menuju California untuk menemui Sam. Hingga seminggu lamanya Marion tidak terdengar kabarnya.

Kakaknya, Lila Crane (Vera Miles) mulai kahwatir dan mencarinya hingga ketempat Sam hanya untuk mengetahui Marion tidak berada disana. Ternyata, perusahaan tempat Marion bekerja juga mengirim detektif swasta untuk mencari marion, bernama Arbogast (Martin Balsam). Penyelidikan mereka mengarah ke sebuah motel milik Norman Bates (Anthony Perkins) yang diduga sempat disinggahi Marion. Dan ternyata sebuah misteri juga tersimpan di tempat itu.

Cerita film ini tergolong lumayan sederhana dan mudah diikuti, namun menjelang paruh film, film ini mulai mengajak kita untuk bersitegang dengan aroma detektifnya. Dari awal hingga akhir, film ini membuat saya tertarik untuk terus menontonnya. Sajian sinematografi ciamik berhasil memunculkan aura ketegangan. Ketegangan terus dijaga dari awal hingga akhir. Dan film ini mempunyai twist ending yang mengejutkan.

Sebuah sajian thriller klasik yang menakutkan. Saya malah menyebut film ini horror thriller saking menyeramkannya. Seramnya film ini bukan karena hantu, tapi sosok psikopat dan aura ketegangan yang bombastis serta suara yang mencekam, hingg…a adegan paling fenomenal dari film ini: pembunuhan di shower.Psycho memang sajian film klasik yang berkualitas. Format film hitam putih film ini tak memudarkan aura ketegangannya. Malah pemilihan hitam putih memberi kesan menyeramkan. Ekspresi wajah dan akting sempurna dilakukan oleh para pemerannya. Yang paling menonjol aktingnya adalah Anthony Perkins yang sangat bagus memerankan karakternya. Tak lupa pujian kepada Alfred Hitchcock yang berhasil membuat saya tegang dan keberhasilannya dalam membuat film yang sangat berkualitas dan fenomenal sepanjang masa. Psycho adalah film thriller klasik terbaik sepanjang masa. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: