inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Saving Private Ryan (1998)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1998
Sutradara: Steven Spielberg
Pemain: Tom Hanks, Matt Damon and Tom Sizemore
Durasi: 169 menit

Saving Private Ryan adalah film drama perang karya Stephen Spielberg yang menjadi box office tahun 1998. Film ini dibintang utamai oleh Tom Hanks. Film yang gagal mendapat piala Oscar kategori Best Picture ini dinilai lebih bagus dari pemenangnya, Shakespeare in Love.

Film yang meraih 4 piala Oscar di tahun 1999 ini mengisahkan tentang James Ryan (Matt Damon), prajurit yang diterjunkan ke Perancis selama invasi tentara sekutu ke Eropa, yang baru saja kehilangan tiga abangnya dalam perang. Kebijakan pemerintah memerintahkan ia harus pulang karena keluarganya bakal kehilangan semua anak laki-laki. Sebuah tim pasukan, yang dipimpin oleh Kapten John Miller (Tom Hanks) dan tentara lain-nya yang baru mendarat di pantai dari Normandy, diperintahkan untuk mencari dan menyelamatkan Prajurit James Ryan.

Menyaksikan film ini bagai terjun langsung ke medan perang. Saya diajak Stephen Spielberg menuju kisah heroik tak terlupakan yang merupakan kenangan yang teramat tragis. Saya diajak menuju pertempuran dahsyat. Bom, tembakan, dan ketegangan ada di mana-mana. Banyak korban berjatuhan. Saya dipaksa menyaksikan korban-korban yang tewas mengenaskan. Suara-suara ledakan dahsyat semakin mengukuhkan film perang ini. Juga tampilan pemilihan warna yang ekstotis menjadi terkesan jantan. Sayang sekali plot film ini masih kaku seperti tipikal film pop corn lainnya. Seperti menyajikan adegan-adegan yang dahsyat di awal kemudian di akhir. Mungkin inilah strategi ekonomi yang membuat film ini selain bagus juga laris manis di pasaran.

Saving Private Ryan menyajikan drama berbalut perang yang terkesan mendalam. Dibungkus menjadi sajian kenangan masa lalu yang susah dijabarkan dan tak terlupakan sepanjang hidup. (Review by Achmad Muchtar).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: