inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Lion King (1994)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1994
Sutradara: Roger Allers, Rob Minkoff
Pemain: Matthew Broderick, Jeremy Irons and James Earl Jones
Durasi: 89 menit

Mengambil setting “Pride Lands of Africa” dimana singa memimpin hewan lainnya sebagai raja. King Mufasa yang memerintah saat itu. Lahirlah putranya yang bernama Simba yang kelak akan menjadi penerusnya sebagai raja.

Mufasa mengajarinya berbagai hal untuk menjadi seorang raja. Namun dasar anak kecil, Simba dengan rasa ingin tahunya ingin menjelajah sampai kawasan terlarang. Simba bersama sahabatnya Nara yang kelak jadi isrinya, bermain-main sampai ke kawasan terlarang itu. Hampir saja mereka diterkam oleh kawanan Hyena. Beruntung Mufasa menyelamatkan mereka.

Scar: No, Simba, you’re in trouble again. But this time, Daddy isn’t here to save you. And now everyone knows *why*!

Suatu saat saudara Mufasa, Scar yang diliputi kebencian dan iri hati, dan ambisinya menjadi raja membuat rencana bersama para Hyena yang menjadi komplotannya untuk merebur kekuasaan akhirnya Mufasa wafat, beruntung Simba selamat ditemukan Timon dan Pumbha yang menjadi sahabatnya.

Simba yang diliputi keraguan akhirnya teringat oleh pesan ayahnya. Dan berusaha merebut kembali apa yang menjadi haknya.

Can you feel the love tonight adalah soundtrack yang memorable hingga sekarang di pikiran saya. Lagu itu dibawakan secara mendalam oleh Elton John. Sebuah lagu yang sangat indah yang dapat mewakili film animasi musikal ini. The Lion King salah satu film animasi laris dan populer Hollywood yang penuh kandungan makna. Bahwa serapat apapun kejahatan itu disembunyikan, pasti suatu saat nanti akan terbongkar.

Timon: [clears throat] Hakuna Matata.
Young Simba: What?
Pumbaa: [slower] Hakuna Matata. It means “no worries”.

Film animasi 2D ini sangat indah dan eksotis dengan gambar-gambar lumayan lembut buatan Disney. Warna-warna yang digoreskan pada film ini terpadu sebegitu eksotisnya. Walau mungkin untuk zaman sekarang format 2D kalah dengan 3D buatan Pixar, namun kali ini hampir setara dengan kualitas penggarapan yang sangat bagus ini. Diselingi dengan adegan menyanyi menambah indahnya film ini, walaupun ceritanya simple dan konfliknya sangat biasa sekali. Tentang kekuasaan, kejahatan melawan kebaikan, ketidaksetiaan, kepercayaan, kodrat, dan sebagainya. Tapi apa yang ditampilkan oleh film ini mampu memberi spirit dan inspirasi untuk tidak takut pada kebenaran dan kita harus menjadi apa yang ada dalam diri kita. The Lion King film buatan Disney (non-Pixar) terbaik yang pernah saya tonton. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: