inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Gladiator (2000)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2000
Sutradara: Ridley Scott
Pemain: Russell Crowe, Joaquin Phoenix and Connie Nielsen
Durasi: 155 menit

Maximus adalah salah seorang jenderal yang sangat disegani oleh lawan-lawannya dan berperan penting membawa pasukan Romawi meraih kemenangan di tiap pertempuran. Karena kehebatannya, ia menjadi kesayangan Kaisar Marcus Aurelius.

Sadar kalau hidupnya tidak akan lama lagi, Marcus mengambil keputusan kontroversial dengan menyebut Maximus sebagai orang yang bakal menggantikannya. Hal ini sudah tentu membuat putra kandungnya Commodus marah besar.

Maximus: My name is Gladiator.

Dalam keadaan gelap mata, pria licik itu membunuh sang ayah dan memerintahkan supaya Maximus dan keluarganya dihukum mati. Meski berhasil lolos dari kejaran, Maximus tidak berdaya menyelamatkan istri dan putra satu-satunya yang dibantai oleh pasukan Commodus.

Maximus akhirnya terdampar di Afrika dan menjadi budak disana. Belakangan, ia dijual untuk dijadikan seorang gladiator. Meski sudah kehilangan semuanya, pria itu masih mengingat semua kejadian yang dialaminya dan bertekad menggunakan segala cara untuk membalas dendam pada Commodus yang merupakan dalang dari semuanya.

Commodus: What am I going to do with you? You simply won’t… die. Are we so different, you and I? You take life when you have to… as I do.
Maximus: I have only one more life to take. Then it is done.
Commodus: Then take it now.
[Maximus pauses, then turns around and walks away]
Commodus: They tell me your son…
[Maximus stops]
Commodus: …squealed like a girl when they nailed him to the cross. And your wife… moaned like a whore when they ravaged her again and again… and again.
Maximus: The time for honoring yourself will soon be at an end.
[Bows head]
Maximus: Highness.

Jalan tersebut akhirnya terbuka, Maximus dilatih oleh Proximo yang tak lain adalah mantan gladiator sehingga meraih reputasi yang terdengar hingga ke Roma. Di istananya, Commodus yang posisinya terjepit mendadak punya ide untuk menggelar pertandingan akbar antar gladiator untuk memenangkan hati rakyatnya.
Kesempatan itu sudah tentu tidak disia-siakan oleh Maximus, ia bertekad tampil sebagai juara dan membuka jati dirinya di hadapan Commodus musuh besarnya. Dalam perjalanannya, ia dibantu oleh putri Kaisar lama yang mencintainya Lucilla dan seorang senator Gracchus.

Maximus: What we do in life echoes in eternity.

Gladiator adalah film yang punya kualitas luar biasa. Menyuguhkan banyak adegan dramatis, dialog-dialog yang menusuk dan akting yang menawan. Apalagi sajian indah gambaran Roma pada masa kejayaannya ditampilkan sebegitu megah dan eksotis. Ini adalah film bertema balas dendam yang meraih piala Oscar sebagai Best Picture di Academy Awards 2001. (Review by Achmad Muchtar)

One response to “Gladiator (2000)

  1. John Rakoseum Desember 26, 2011 pukul 22:21

    Dan seluruh atsar dalam masalah ini memerintahkan agar memeranginya pencuri dan khawarij dan tidak memerintahkan untuk membunuh dan mengejarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: