inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Matrix (1999)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1999
Sutradara: The Wachowski Brothers
Pemain: Keanu Reeves, Lawrence Fishburne, Carrie Ann-Mos, Hugo Weaving
Durasi: 136 menit

Rated R for sci-fi violence and brief language

Dunia perfilman sebelumnya tampak biasa saja sampai dua sutradara bersaudara Andy dan Larry Wachowski mencetuskan revolusi dalam genre film aksi lewat The Matrix. Para penggemar film di seluruh dunia dibuat terkejut dengan inovasi yang dibuat dua bersaudara tersebut. Mereka mampu menggabungkan ketertarikan mereka terhadap mitologi, anime, fiksi ilmiah, teknologi dan aksi secara sempurna dalam sebuah film. Film fiksi ilmiah biasanya cenderung menurunkan tingkat intelegensia orang yang menontonnya dengan pameran kecanggihan teknologi. Tapi tidak dalam film ini.

Cerita berawal dari seorang pemuda bernama Neo (Keanu Reeves) selaku pelaku komputer hacker, tenyata melewati kehidupannya sehari-hari dilakukan seperti manusia normal lainnya. Neo beranggapan bahwa kehidupan di planet bumi ini tak lain hanya suatu bagian muka gedung yang rumit yang diciptakan oleh suatu mesin tercanggih yang dinamakan Cyber Intlligence berhati dengki.

Morpheus: What is “real”? How do you define “real”?

Kenyataanya, setelah 200 tahun kemudian, dunia dirusak oleh sekelompok orang yang tidak bertanggungjawab dan diambil alih oleh komputer yang memiliki intelgensi tinggi. Bahkan komputer canggih ini telah menciptakan kehidupan abad 20 yang dinamakan Matrix untuk menjajah manusia. Disisi lain, mesin canggih lainnya AI yang dibuat dari manusia ini diciptakan untuk melawan dan menyeimbangi kehebatan Matrix.

Sementara itu, Anderson  sebagai agent menerima format manusia ditugaskan untuk menyusup ke Matrix dan salah satu agent yang sanggup untuk memimpin manusia dan menghancurkan mesin kejahatan akan menciptakan kembali bumi yang damai dan sejahtera.

[Neo sees a black cat walk by them, and then a similar black cat walk by them just like the first one]
Neo: Whoa. Déjà vu.
[Everyone freezes right in their tracks]
Trinity: What did you just say?
Neo: Nothing. Just had a little déjà vu.
Trinity: What did you see?
Cypher: What happened?
Neo: A black cat went past us, and then another that looked just like it.
Trinity: How much like it? Was it the same cat?
Neo: It might have been. I’m not sure.
Morpheus: Switch! Apoc!
Neo: What is it?
Trinity: A déjà vu is usually a glitch in the Matrix. It happens when they change something.

Film The Matrix merupakan inovasi dan trendsetter dalam film aksi modern. Tak hanya aksi-aksi dan kareografernya yang menarik, tapi dari segi cerita memang sudah bagus walau jauh dari realita. Di film ini banyak disajikan adegan-adegan yang memukau dan menegangkan. Kita bisa melihat kecanggihan dari efek special komputer, misalkan saja ketika terjadi baku tembak, gerakan peluru yang ditembakkan terlihat dengan jelas karena dilakukan dengan slow motion.  Apalagi teknik bullet Neo yang mengindari peluru menjadi sangat terkenal hingga ditiru dan diparodikan dalam beberapa film aksi hingga komedi. Dalam film ini karakter Neo dan Trinity mempunyai chemistry hingga membuat penonton tidak bosan dengan akting pemainnya. Dari tata visual dan suara pun film ini sudah luar biasa. Apalagi diperkuat dengan 4 piala Oscar yang dimenangkan film ini. Two thumbs up! (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: