inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Dark Knight (2008)

Negara: Amerika Serikat
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Christian Bale, Heath Ledger, Gary Oldman and Aaron Eckhart
Durasi: 152  menit

Dua jempol untuk sutradara yang berhasil membawa Batman ke nuansa kegelapan. Setelah gebrakan barunya di dunia superhero lewat Batman Begins, sutradara yang jago membawakan cerita berat ini memberi nuansa kelam dan bombastis di sekuel Batman Begins ini. Dengan judul film tanpa embel-embel nama superhero, The Dark Knight, bisa ditebak film ini merupakan lanjutan yang lebih bagus yang memberi pembaharuan di dunia film superhero.

Cerita di film terbaru Batman ini sebenarnya kelanjutan dari cerita film pertama nya(Batman Begins). Kisahnya sekarang kota Gotham diserang dengan berbagai teror. Batman (Christian Bale) dibantu oleh Letnan Jim Gordon dan Jaksa Harvey Dent (Aaron Eckhart) mencoba mengatasi kejahatan yang merajalela di jalanan danmenghadapi lawan berat dari sosok yang menamakan dirinya The Joker (Heath Ledger).

Joker berani meneror kota Gotham soalnya Bos Mafia Marconi kan udah di penjara, jadinya sekarang mafia di Gotham udah nggak ada lagi yang mimpin, jadi Joker mulai melakukan peran jahatnya di kota ini. Sepertinya kini Batman harus menghadapi Joker dengan sulit, karena tampaknya Joker merupakan musuh yang tangguh karena dia pandai dalam strategi. Dia bagus menyusun rencana jahatnya seperti menjebak mantan kekasih Bruce Wayne atau mantan kekasihnya Batman yaitu Rachel Dawes (Maggie Gyllenhaal) yang sekarang menjalin hubungan dengan Dent. Bahkan Dent pun juga akan berubah menjadi Two Face karena jebakan mautnya Joker ini.
The Joker: [holding a knife inside Gambol’s mouth] Wanna know how I got these scars? My father was… a drinker. And a fiend. And one night he goes off crazier than usual. Mommy gets the kitchen knife to defend herself. He doesn’t like that. Not-one-bit. So – me watching – he takes the knife to her, laughing while he does it! Turns to me, and he says, “why so serious, son?” Comes at me with the knife… “Why so serious?” He sticks the blade in my mouth… “Let’s put a smile on that face!” And…
[looks sidelong at Gambol’s thug, watching the whole thing in horror]
The Joker: Why so serious?
Joker bahkan ikut mencuri dan merampok di kota Gotham, dalam melakukan perampokan, Joker terkenal tak ragu-ragu untuk menghabisi nyawa korban bahkan anak buahnya sendiri hanya untuk membuktikan bahwa ia tak main-main.
Setelah mengacaukan kota Gotham, Joker memberikan tawaran menggiurkan pada sindikat kejahatan kota Gotham yang mulai ketakutan pada Batman. Dengan imbalan setengah dari aset mereka, Joker akan menghabisi Batman. Joker kemudian memberikan tuntutan agar kota Gotham menyerahkan Batman atau Joker akan membunuh lebih banyak orang lagi sampai Batman menyerahkan diri.
The Dark Knight unggul di berbagai aspek film, beberapa diantaranya adalah cerita yang berat, akting memukau, gambar dan suara yang keren dan adegan-adegan spektakuler tentunya. Ini adalah film sekuel yang kualitas filmnya melebihi film pertamanya.

Cerita The Dark Knight sangat kuat dan berat jika disuguhkan untuk anak-anak. Apalagi banyak kekerasan di sana-sini yang tidak cocok untuk konsumsi anak-anak. Untuk itu MPAA sengaja memberi rating PG-13 kepada The Dark Knight ini.

The Joker: You can’t rely on anybody these days, you gotta do everything yourself, don’t we? But that’s okay, I came prepared. It’s a funny world we live in; speaking of which, you know how I got these scars?
Bruce Wayne: No, but I know how you got these.

Akting yang sangat memukau ada pada Heath Ledger yang berperan sebagai Joker. Dia digambarkan gila dan licik, tak ayal Batman dibuat kebingungan secara mental dan psikologis karenanya. Tak heran jika Heath Ledger akhirnya diganjar Piala Oscar untuk aktingnya.

Gambar dan suara yang disajikan amatlah keren dengan setting sebagian besar di area kegelapan. Suara yang disajikan begitu enak didengar, terdengar kelam dan membuat saya menghela nafas panjang. Sangat memanjakan telinga dan otak.

Adegan-adegannya penuh aksi serta ledakan yang dahsyat, spektakuler dan bombastis. Banyak memperkenalkan adegan bombastis baru nan mengagumkan untuk Hollywood.

Pokoknya The Dark Knight adalah film superhero yang teramat mengagumkan. Christopher Nolan membuat genre film superhero naik kelas. Inilah film superhero yang berkualitas dari berbagai segi dan teramat memanjakan mata dan telinga. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: