inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

The Terminator (1984)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1984
Sutradara: James Cameron
Pemain:    Arnold Schwarzenegger, Linda Hamilton and Michael Biehn
Durasi: 107 menit

“I’ll be back”, adalah salah satu quote film yang paling mudah diingat dan terkenal sepanjang masa. Saya pun masih ingat gambaran muka dingin Arnold Schwarzenegger. Ini adalah sebuah film yang melambungkan James Cameron sebagai sutradara dan Arnold Schwarzenegger sebagai bintang utamanya.

Di tahun 2029, setelah perang nuklir yang hampir membuat umat manusia musnah, Skynet, komputer cerdas yang menguasai dunia mengirimkan robot T-800 (Arnold Schwarzenegger) yang sosoknya tidak berbeda dengan manusia biasa ke masa lalu, tepatnya tahun 1984. T-800 ditugaskan untuk membunuh seorang wanita yang bernama Sarah Connor (Linda Hamilton) karena John, anak Sarah yang belum lahir, akan menjadi pemimpin pemberontakan sisa-sisa umat manusia terhadap kekuasaan para mesin pimpinan Skynet di masa depan itu.

Namun pemberontak masa depan itu tidak tinggal diam dan mengirimkan seorang prajurit terbaiknya, Kyle Reese (Michael Biehn) ke tahun 1984 juga untuk melindungi Sarah dari ancaman robot T-800 itu. Di Los Angeles tahun 1984, Sarah yang tidak menduga dirinya akan memerankan peran penting untuk keselamatan umat manusia di tahun 2029 ini melalui kehidupan sehari-harinya seperti halnya orang lain. Ia kadang mencemaskan kehidupan kelaknya karena profesinya sebagai pelayan di sebuah restoran tidak begitu menjamin masa depannya.

Sarah Connor: You’re terminated, fucker.

Sementara itu, tangan T-800 yang tidak mengenal kasihan terhadap hidup manusia, mulai berlumuran darah karena ia menghabisi orang-orang yang dianggap menghalanginya melaksanakan tugasnya, termasuk teman sekamar Sarah, hampir seluruh orang di sebuah kantor kepolisian hingga orang-orang di jalanan. Kyle berusaha menghalanginya dengan sebisanya, namun tidak mudah karena robot tersebut memiliki kekuatan dan daya tahan jauh di atas manusia biasa. Apalagi Kyle hampir saja gagal menyakinkan Sarah tentang robot tersebut dan malah sempat dianggap gila.

The Terminator: I’m a friend of Sarah Connor. I was told she was here. Could I see her please?
Desk Sergeant: No, you can’t see her she’s making a statement.
The Terminator: Where is she?
Desk Sergeant: It may take a while. Want to wait? There’s a bench over there.
[points to bench]
The Terminator: [looks around, examining the structural integrity of the room, then looks back at him] I’ll be back!

Bagaimana Kyle dan Sarah bahu membahu dalam menghadapi T-800 yang tampak tidak bisa dihentikan itu ? Siapakah ayah bayi Sarah yang belum lahir itu ?
Sebagai film aksi, film ini punya beberapa adegan yang thrilling sekali. Di sini Arnold berperan sebagai Termintaor, robot berwujud manusia. Di film ini wujud Terminator sebagai robot sangat bagus sekali. Dimana wujud robot ini merupakan ide brilian dari James Cameron. Setahu saya belum ada film tentang robot yang menampilkan gambaran kerangka robot sampai sedetil itu pada masanya. Apalagi gambaran wajah dingin dan jahat Terminator mampu dibawakan secara sempurna oleh aktor berbadan besar ini. Dia tak banyak bicara, namun perannya membuat film ini bicara. Ada Michael Biehn yang perannya sebagai penyelamat Linda Hamilton. Walaupun ini film aksi, namun saya merasakan keromantisan peran keduanya di film ini. Film aksi yang menegangkan ini memang punya sejumlah daya tarik untuk ditonton. Kamu harus menonton film ini, karena ini merupakan cikal bakal kesuksesan film-film robot berikutnya. (Review by Achmad Muchtar)

2 responses to “The Terminator (1984)

  1. Pingback: Terminator 2: Judgment Day (1991) « inspirasinema

  2. panduabi Desember 27, 2014 pukul 10:19

    terminator,salah satu film action terbaik sepanjang masa.tapi saya pebih suka yang kedua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: