inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Raiders of the Lost Ark (1981)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1981
Sutradara: Steven Spielberg
Pemain: Harrison Ford, Karen Allen and Paul Freeman
Durasi: 115 menit

Raiders of the Lost Ark adalah film aksi petualangan pencarian harta karun yang disutradarai oleh Steven Spielberg, kreator Jaws. Film ini dibintangi oleh Harrison Ford, Karen Allen dan Paul Freeman.

Kisah Indy dalam film petualangan hasil besutan sutradara terkenal Steven Spielberg yang berdasarkan skenario buatan George Lucas, Phillip Kaufman dan Lawrence Kasdan ini dimulai pada tahun 1936 ketika Indy ditemui oleh agen-agen pemerintah Amerika Serikat di kampus tempat ia mengajar. Lantaran Indya ahli dalam ilmu gaib, maka ia disewa untuk menemukan sebuah prasasti yaitu “Ark of the Covenant yang dipercayai menyimpan 10 Perintah Tuhan. Pemerintah meminta Indy menemukan prasasti sebelum didapatkan oleh para agen Nazi Jerman.

Rupanya Hitler pun sangat menginginkan Ark of the Covenant yang dianggapnya dapat membuat para tentara Nazi menjadi sebuah kekuatan yang dahsyat tanpa bisa ditahan oleh senjata apapun di muka dunia. Untuk mencari Ark of the Covenant yang diduga terkubur dalam sebuah situs arkeologi di Mesir, Indy harus menemukan medali yang dapat menunjukkan tempat prastasi itu. Problemnya medali itu dimiliki mantan kekasih Indy, yaitu Marion Ravenwood (Karen Allen) yang hatinya pernah dihancurkan Indy. Jadi ada kemungkinan Marion yang kini menjalankan sebuah bar di Nepal, menolak membantunya.

Toht: Shoot them. Shoot them both.

Namun Marion akhirnya berubah pikiran ketika barnya dihancurkan oleh para bandit Asia dan hampir saja menemui kematian di tangan agen Nazi yang sadis, Toht (Ronald Lacey). Marion pun bergabung dengan Indy untuk pergi ke Mesir dan mencari prasasti tersebut. Dalam usaha pencariannya, Indy dan Marion yang dibantu oleh Sallah (John Rhys-Davies) harus bertarung melawan para Nazi dan bandit yang menginginkan nyawa mereka. Selain itu, mereka juga harus menghadapi para pengkhianat seperti Rene Belloq (Paul Freeman) dan Barranca (Vic Tablian).

Menurut saya, Raiders of the Lost Ark adalah film aksi petualangan yang wajib ditonton. Disutradarai oleh Steven Spielberg yang merupakan jaminan untuk film-film berkualitas. Raiders of the Lost Ark menyajikan adegan laga dan petualangan yang sama-sama seru. Sedikit menegangkan namun enak ditonton karena Spielberg menyelipkan joke di beberapa adegannya. Kisah petualangan sangat seru dan adegan laga non-stop  itu dimantapkan dengan kualitas performa Harrison Ford yang sangat gemilang. Bisa jadi ini merupakan film milik Indiana Jones seorang mengingat karakter ini sangat dominan dan diikuti beberapa sekuel yang diberi titel Indiana Jones. Kisahnya memang cukup familiar dan adegan laganya biasa bagi penonton zaman sekarang. Namun apa yang diramu Spielberg begitu pas dalam artian tidak kurang dan tidak terlalu berlebihan. Keren memang melihat aksi-aksi memukau dari Indiana Jones yang sekejap menjadi idola saya. Sungguh sebuah sajian aksi petualangan yang sangat seru untuk ditonton. Bagi pecinta film petualangan dianjurkan untuk segera menonton film ini sebagai patokan bahwa inilah film aksi petualangan sesungguhnya.

Marion: Well, Jones, at least you haven’t forgotten how to show a lady a good time.
Indiana: Boy, you’re something!
Marion: Yeah? I’ll tell you what; Until I get back my five thousand dollars, you’re gonna get more than you bargained for. I’m your goddamn partner!

Film sebagus ini, pemenang 5 Piala Oscar dari 9 nominasi (termasuk Best Picture 1981) adalah film layak tonton dan layak koleksi. Di sini Indiana Jones saya anggap sebagai seorang penyelamat artefak kuno. Dengan gagah berani dia berjuang melawan banyak musuh. Tidakkah Anda ingin menjadi seperti dia? (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: