inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Back to the Future (1985)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1985
Sutradara: Robert Zemeckis
Pemain: Michael J. Fox, Christopher Lloyd and Lea Thompson
Durasi: 116 menit

Film dengan tema perjalanan waktu memang banyak dan sukses, contohnya The Terminator. Di tahun 2002 pun saya pernah mengikuti sebuah telenovela Mexico yang berjudul Adventuras en el Tiempo atau Petualangan Amigos di SCTV. Menarik dan saya sampai memperagakan adegan menembus waktunya di dunia nyata, tentunya hanya berputar dan menembus tembok, hahaha. Nah, Back to the Future ini terbilang menarik juga karena mesin waktu yang digunakan adalah mobil.

Ceritanya singkat, mengenai Marty McFly, seorang remaja Amerika yang secara tidak sengaja dikirim kembali ke tahun 1955 dengan mesin waktu bertenaga plutonium *DeLorean yang diciptakan oleh Ilmuwan yang sedikit gila. Selama perjalanannya Marty harus memastikan bahwa orang tuanya yang masih remaja harus bertemu dan jatuh cinta, kalau tidak ia tidak akan lahir di masa depan. Tetapi itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan karena ada Biff yang selalu mengganggu ayahnya, akankah Marty berhasil menyelesaikan tugasnya dan kembali ke masa depan?

Back to the Future mencoba mengangkat kisah anak yang melakukan perjalanan ganjil menembus waktu bertemu keluarganya di masa lalu. Menarik sekali bagaimana interaksi anak itu sangat konyol dan tidak masuk akal. Yang saya kritik dari film ini adalah ceritanya yang sangat sederhana dan terbilang singkat. Film ini menampilkan hal yang sekedar main-main saja yaitu menyoroti dunia remaja yang sudah pasti ada orang culun dan jahat seperti film remaja Hollywood kebanyakan. Sayang sekali hal yang ditonjolkan film ini hanya percintaan karena kalaupun digarap lebih serius, film ini bisa menjadi film sci-fi jempolan. Di luar cerita yang seperti itu masih ada subplot yang menarik. Back to the Future ini menampilkan akting Michael J. Fox yang sangat bagus yang menjadikan film ini lebih hidup. Menarik juga kalau saya bisa kembali ke masa lalu bertemu secara langsung ayah dan ibu saya pada saat remaja dan terlibat di dalamnya. Sungguh pengalaman yang ganjil namun luar biasa. Back to the Future memang sajian film ringan keluarga yang sangat menghibur dimana diselipkan joke di beberapa adegannya.

Film ini berhasil menyajikan gambaran tentang pentingnya waktu. Seperti kata Einstein, “Satu-satunya alasan adanya waktu adalah supaya segala sesuatu tidak terjadi pada saat yang bersamaan.” Sedetik pun kita lengah terhadap waktu, maka konsekeunsinya ada di masa yang akan datang. (Review by Achmad Muchtar)

2 responses to “Back to the Future (1985)

  1. leonardfresly Agustus 10, 2014 pukul 08:24

    nice article, lagi belajar nulis juga semoga bisa jadi seperti sampean hehe http://leonardfresly.blogspot.com/

  2. Leonardfresly Februari 2, 2015 pukul 11:37

    Film Fantasy pertama yang ditonton dan langsung menjadi favorit. Aplikasi Android, Game Android, BBM Mod, Trik Komputer

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: