inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Inception (2010)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2010
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Leonardo Dicaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt, Ellen Page, Chillian Murphy
Durasi: 148 menit

Rated PG-13 for sequences of violence and action throughout

Inception adalah film karya Christopher Nolan setelah membuat publik bingung dengan kerumitan Memento (2000). Inception merupakan film dengan konsep sinematografi dan cerita yang tak biasa. Pemeran utamanya Leonardo DiCaprio, aktor yang dulunya menjadi idola remaja lewat film Titanic (1997). Leo sekarang lebih selektif dalam memilih peran, dan memang di film inilah kelak aktingnya akan dikenang sepanjang masa walau aktingnya kurang ‘wah’. Namun karena filmnya sendiri sudah mendapat banyak tanggapan positif, sudah pasti semua termaafkan.

Dom Cobb (Leonardo DiCaprio), seorang pencuri yang terampil dan terbaik, mencuri rahasia berharga dari pikiran bawah sadar yaitu mimpi. Cobb telah membuat kemampuan langkanya untuk menjadi pencuri bergensi di dunia tetapi juga membuatnya menjadi buronan internasional dan mengorbankan semua yang ia cintai

Saito’s Attendant: He was delirious but asked for you by name. Show him…
Japanese Security Guard: He was carrying nothing but this…
[gun]
Japanese Security Guard: And this…
[spinning top]
Saito: Are you here to kill me?

Saat ini Cobb ditawari dibebaskan dari tuduhan kriminal panjangnya. Tugas terakhir ini akan mengembalikan kehidupan normalnya hanya jika dia bisa melakukan hal yang mustahil. Alih-alih mencuri, dalam misi yang disebut Inception ini, Cobb diminta untuk menanamkan memori baru ke dalam alam bawah sadar targetnya. Namun tidak ada perencanaan dan keahlian yang cukup dari tim Cobb lainnya untuk menghadapi musuh berbahaya ini yang tampaknya mengantisipasi setiap gerakan mereka. Musuh yang hanya dapat dilihat oleh Cobb
Mimpi, sipa yang tak pernah bermimpi? Pasti tidak ada. Inception berfokus pada mimpi lengkap dengan konspirasi unik di dalamnya. Saya menonton Inception memang dibuat agak kebingungan seperti saat saya menonton Memento, namun kali ini lebih menakjubkan dan heart warming. Cerita film ini tergolong fiksi ilmiah, mengenai siapa yang bermimpi, mendesain mimpi sampai cara bangun dari mimpi. Memang jauh dari realitas, namun di film ini sebuah cerita yang tidak real mampu terlihat nyata. Saya dibuat terperangah menyaksikan adegan-adegannya yang luar biasa, mendebarkan dan unforgetable. Adegan aksinya tergolong tidak biasa dan lebih fantastis dibanding The Matrix sekalipun. Kaya akan visual efek nan canggih plus komposisi music score yang mampu membuat jantung berdebar.

Inception memang sebuah karya Christopher Nolan yang terlalu jenius, lebih bagus daripada Memento. Sebuah tontonan yang membuat saya berpikir, sembari takjub dengan adegan-adegannya dari awal hingga akhir. Menonton film yang perlu berpikir memang diperlukan konsentrasi penuh, jangan sampai ketinggalan satu adegan pun karena saling berhubungan. Seperti film-film Christopher Nolan sebelumnya, ending film ini masih menyisakan tanda tanya. Menonton film ini bagai memasuki dunia baru perfilman yang belum terjabarkan sebelumnya. Sungguh merupakan pengalaman menonton film yang menakjubkan.

Ariadne: Why is it so important to dream?
Cobb: Because, in my dreams we are together.

Jangan sampai mimpi membuat dunia nyata Anda terlupakan. Berhentilah bermimpi ketika mimpi itu belum selesai hingga Anda dapat meneruskan mimpi itu ketika Anda bangun. (Review by Achmad Muchtar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: