inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Batman Begins (2005)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2005
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Christian Bale, Katie Holmes, Liam Neeson, Chillian Murphy
Durasi: 140 menit

Rated PG-13 for intense action violence, disturbing images and some thematic elements

Batman Begins merupakan reboot dari film-film Batman sebelumnya, Batman, Batman Returns, Batman & Robin dan Batman Forever. Film ini disutradarai oleh Christopher Nolan yang sebelumnya telah membuat publik kebingungan dengam kerumitan Memento.

Bruce Wayne adalah seorang milyuner yang mengalami masa kecil tragis, kedua orang tuanya dibunuh didepan mata oleh seorang penjahat. Akibatnya, Bruce bersumpah bakal membalas dendam dengan memberantas semua kejahatan yang ditemuinya di muka bumi.

Karena tidak ada kesempatan, pemuda yang frustrasi ini menghilang ke daerah Timur dimana ia bertemu dengan sekelompok ninja yang dipimpin Ra’s Al-Ghul. Setelah belajar banyak tentang bela diri, Bruce kembali ke kota Gotham dan mendapatkan bahwa kota yang dicintainya telah dikuasai kelompok kriminal, sementara perusahaan keluarga telah digerogoti.

Henri Ducard: Are you ready to begin?
Bruce Wayne: I-I can barely stand…
Henri Ducard: [kicks him] Death does not wait for you to be ready! Death is not considerate, or fair! And make no mistake: here, you face Death.

Penemuan sebuah gua tua dibawah rumah tempat tinggalnya, ditambah sebuah mobil berlapis baja hasil karya Lucius Fox, membuat Bruce menentukan pilihan sebagai pemberantas kejahatan dengan identitas baru : Batman.

Dengan bantuan kapten polisi Jim Gordon, Batman berhadapan dengan musuh-musuhnya mulai dari mafia pimpinan Don Falcone, profesor jenius sekaligus pengedar obat terlarang Jonathan Crane yang belakangan menjelma menjadi The Scarecrow, hingga tokoh misterius yang menunggu kesempatan untuk menjatuhkan Batman/Bruce Wayne pada saat yang tepat.

 

Alfred Pennyworth: Why do we fall, sir? So that we might learn to pick ourselves up.

Batman Begins menyajikan sebuah fenomena ketakutan luar biasa di awal film. Ketakutan yang dianggap sebuah penyesalan dari kesalahan seumur hidup yang sangat menusuk. Percakapan yang disajikan begitu komplikatif dan tidak mudah dicerna. Hal ini dikarenakan plotnya yang tidak biasa. Cerita campuran kilas balik yang diacak merupakan ciri khas Christopher Nolan. Memang sebuah ide bagus, tapi bagi film superhero yang masih dielu-elukan anak-anak rasanya kurang pas. Film ini menyajikan hal yang berbanding terbalik dengan film sejenis seperti Spider-man, Superman maupun film-film Batman sebelum direboot.

Batman Begins terasa begitu kelam, apalagi sosok Batman baru muncul di pertengahan film, yang membuat saya sedikit terkantuk dengan banyaknya dialog yang datar-datar saja. Namun, menjelang akhir film, Batman Begins menyajikan sosok superhero yang manusiawi. Tidak seperti superhero lainnya yang punya kekuatan super, Batman malah memakai alat-alat canggih dan masih bergantung pada orang lain untuk dapat terbang. Inilah yang menjadi nilai tambah Batman Begins.

Jumpy Thug: [screaming] WHERE ARE YOU?
Batman: [appears upside-down behind him, whispering] Here.

Janganlah pernah merasa bersalah secara berlebihan, karena akan menjadi sebuah ketakutan teramat luar biasa di masa mendatang. Dekatilah ketakutan itu, jangan pernah menganggapnya sebagai musuh besar. Jadikanlah ketakutan itu menjadi kekuatan yang luar biasa. (Review by Achmad Muchtar)

One response to “Batman Begins (2005)

  1. Pingback: The Dark Knight (2008) « inspirasinema

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: