inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Memento (2000)

Negara: Amerika Serikat
Tahun: 2000
Sutradara: Christopher Nolan
Pemain: Guy Pearce, Carrie-Anne Moss and Joe Pantoliano
Durasi: 113 menit

Rated R for violence, language and some drug content

Salah satu karya terbaik dari sutradara yang banyak dipuji oleh kritikus film, Christopher Nolan yang berjudul Memento. Dibintangi oleh Guy Pearce, Carrie-Ann Moss dan Joe Pantoliano film ini terkenal akan kerumitannya. Penasaran?

Seorang pria bernama Leonard Shelby atau Lenny, seorang penderita Short Term Memory Loss sehingga dia tidak bisa mengingat hal yang baru saja dia lakukan setelah kurang lebih beberapa menit. Penyakit itu dia dapat saat rumahnya dimasuki orang yang tidak dikenal yang juga membunuh dan memperkosa istrinya. Sang penyusup menyerang kepala Leonard sehingga dia menderita penyakit itu. Kematian sang istri membuatnya bertekad mencari si pembunuh.

Lenny sampai rela mentato catatan-catatan penting di tubuhnya. Jadi, catatan di tubuh Lenny adalah sejumlah informasi  mengenai pembunuh istrinya.

Natalie: What’s the last thing that you do remember?
Leonard Shelby: My wife…
Natalie: That’s sweet.
Leonard Shelby: …dying.

Bagaimana Lenny berusaha memanfaatkan catatan-catatan tersebut sembari mencoba mempercayai  memorinya sendiri menjadi fokus utama dalam film Memento karya Christopher Nolan.

[finding a beaten man in his closet]
Leonard Shelby: …who did this to you?
Dodd: What?
Leonard Shelby: Who did this to you?
Dodd: You did.

Siapakah Christopher Nolan itu? Membuat film yang membutuhkan otak untuk banyak berpikir memang harus menerima konsekuensi, sudah pasti akan dijauhi penontonnya. Christopher Nolan terlalu berani dengan egonya meracik film sesuai keinginannya. Sepertinya orang awam akan terbingung-bingung dengan gaya bertutur film ini. Rumit. Adegan-adegannya dipenggal-penggal lalu dicampur aduk dengan editing yang luar biasa. Semua itu membuat bingung, tapi keren. Ceritanya mengenai penderita short term memory memang membingungkan jika tidak teliti dalam menyimak. Apalagi setiap karakter yang muncul juga menyisakan tanda tanya apakah dia kawan atau lawan. Plotnya lumayan sederhana namun alurnya jungkir balik maju mundur, namun jangan khawatir, twist endingnya bakal menguak seperti apa inti cerita filmnya. Sebenarnya film ini dibagi menjadi 2 cerita yg berjalan sendiri-sendiri, pada bagian ‘film hitam putih’, film berjalan maju dan pada bagian ‘berwarna’ film berjalan mundur, dan akhirnya mencapai satu titik temu.

Jangan mudah terpengaruh dan percaya pada orang lain, karena tanpa Anda sadari orang itu telah memanfaatkan Anda demi sesuatu yang buruk. (Review by Achmad Muchtar)

One response to “Memento (2000)

  1. RG. WIDAGDO Februari 16, 2012 pukul 23:10

    UDAH NONTON, GAK ADA KATA LAIN SELAIN: keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: