inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Ratatouille (2007)

Negara: Amerika Serikat

Tahun: 2007
Sutradara: Brad Bird, Jan Pinkava
Pengisi Suara: Brad Garrett, Lou Romano and Patton Oswalt
Durasi: 111 menit

Saya tertarik melihat film Ratatouille karena film ini buatan Pixar. Tentunya karena Pixar telah membuat beberapa film animasiyang bagus sekali. Sebut saja Toy Story, Monsters, Inc., Finding Nemo, The Incredibles. Film-film ini sukses di box office dan kritikandari kritikus. Ratatouille? Apa itu? Menurut Wikipedia, Ratatouille (dari bahasa Perancis dilafazkan sebagai /ʁataˈtuj/) adalah jenis masakan Provence yang berasal dari daerah Nice. Dalam bahasa Perancis oleh karena itu makanan ini umum disebut sebagai ratatouille niçoise. Makanan ini adalah semacam semur yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan biasanya dimakan dengan nasi, kentang atau roti Perancis.

Film ini menceritakan tentang usaha keras seekor tikus untuk menjadi koki di sebuah restoran terkenal di Paris. Film ini sudah cukup lama tayang, namun saya baru bisa nonton beberapa hari kemarin. Saya tertarik dengan film produksi Walt Disney ini.Seekor tikus bernama Remy mempunyai impian menjadi seorang juru masak Perancis yang luar biasa meskipun keinginan tersebut adalah hal yang mustahil dari sebuah keluarga binatang pengerat. Saat nasib membawa Remy tinggal di salah satu saluran air di Paris, ternyata ia berada di bawah sebuah restoran dengan juru masak terkenal, Auguste Gesteau.
Meskipun dia adalah masalah yang tak nampak dan tentu tak diinginkan, hasrat Remy untuk memasak perlahan mulai terwujud melalui gerakan lucu dan menggairahkan yang dapat memutar membalikkan dunia kulinari di Paris.
Ratatouille menyajikan sebuah tontonan yang sangat mengesankan. Sebuah tontonan yang sangat menarik dan dapat dijadikan inspirasi. Banyak pujian yang saya tujukan kepada Pixar, namun saya akan menuliskannya hanya beberapa saja. Pixar, Pixar, Pixar… Tak henti-hentinya membuat film animasi kelas satu yang begitu memikat segala usia. Sulit menemukan kekurangan dari Ratatouille, karena memang ceritanya sudah bagus. Sebuah sajian menarik dari sesuatu yang dianggap tak layak ternyata memunyai kemampuan yang luar biasa. Anda tahu tikus? Ya, binatang kotor dan bau yang suka mencuri makanan dan sebagainya. Tapi dalam film ini, tikus yang bernama Remy ini punya keistimewaan. Dia ditampilkan layaknya manusia yang punya mimpi, menjadi koki besar. Bagaimana cara film ini menggambarkan dunia tikus memang menakjubkan, apalagi pergerakan tikus yang persis seperti aslinya. Adegan demi adegan super cepat para tikus sungguh menarik sekaligus menjengkelkan akibat tingkah konyolnya. Saya dapat tertawa melihat tingkahnya yang konyol sekali. Tak hanya tertawa, saya juga dapat terharu melihat kisah mereka yang terlahir sebagai tikus. Dicaci dan dianggap sebagai musuh berbahaya bagi manusia.
Lantas bagaimana cara tikus memasak dan penggabungannya dengan dunia manusia? Memang konyol dan tidak masuk akal, bukan Pixar namanya kalau tidak bisa menyajikan hal yang imajinatif menjadi sesuatu sajian yang dapat diterima oleh penontonnya. Lewat animasi yang begitu solid dan pergerakan tikus yang terkesan nyata, film ini berusaha meyakinkan kepada penontonnya bahwa kenyataan yang sesungguhnya dibalik sesuatu yang luar biasa memang tersembunyi sesuatu yang luar biasa pula, tepatnya diluar dugaan. Ada hal yang patut dipelajari dari karakter yang bernama Remy, walaupun tikus dia tetap berusaha meraih mimpinya di dunia manusia walau kenyataannya manusia sangat membenci tikus. Dia berpegang pada perkataan dari seorang koki yang dulu terkenal, bahwa semua bisa memasak, termasuk tikus. (Review by Achmad Muchtar)

One response to “Ratatouille (2007)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: