inspirasinema

Inspiring Movies of All-Time

Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Negara: India
Tahun: 1998
Sutradara:  Karan Johar
Pemain: Shah Rukh Khan, Kajol and Rani Mukherjee
Durasi: 177  menit

Kuch Kuch Hota Hai adalah film Bollywood yang booming di 42 negara (termasuk Indonesia) dan menjadi film terlaris di India pada tahun 1998. Film ini merupakan debut Karan Johar sebagai sutradara. Tiga bintang utama film ini langsung melejit, ada Shahrukh Khan, Kajol dan Rani Mukherjee. Shahrukh Khan dan Kajol pun menjadi pasangan film terkenal dari India.

Ceritanya diawali dengan kisah persahabatan mereka bertiga yang berjalan dengan mulus. Lama kelamaan nilai persahabatan yang terjalin, akhirnya harus terputus saat Rahul memutuskan untuk melamar Tina sebagai istrinya.
Anjali (Kajol) yang sebenarnya begitu mencintai Rahul (Shahrukh Khan), harus merelakan hubungan persahabatan mereka hancur. Beberapa tahun kemudian, timbul suatu permasalahan. Rahul yang amat mencintai Tina, harus merelakan kepergian Tina. sebab, pada saat melahirkan, Tina mengalami pendarahan. Sedangkan tim dokter sendiri, hanya bisa menyelamatkan bayi yang dikandung Tina. Tentu saja kenyataan itu membuat Rahul terpukul.

Hari demi hari, tahun demi tahun, anak Rahul dan Tina tumbuh menjadi seorang anak yang lincah. Anjali (anak Rahul), mendapatkan surat kedelapan yang di buat oleh ibunya. dalam surat itu ibunya menceritakan bahwa ada seorang sahabat ayahnya yang bernama Anjali (Kajol) yang juga mencintai Rahul. Jika anaknya ingin Rahul bahagia, maka Anjali (anak Rahul), harus mencari Anjali (Kajol) dan mempertemukan mereka. Sebagai anak yang baik, Anjali (anak Rahul) tentu saja menuruti apa yang menjadi permintaan almarhum ibunya.
Dengan pergi secara diam-diam bersama neneknya, Anjali kecil pergi ke sebuah perkemahan. Dalam perkemahan tersebut tanpa disengaja Anjali kecil bertemu dengan Anjali (Kajol). Perjumpaan mereka diwarnai dengan berbagai adegan yang cukup mengharukan. Apalagi ketika Rahul sendiri menyaksikan betapa berbedanya Anjali (Kajol) yang dulu dikenalnya dengan Anjali (Kajol) yang sekarang berada di hadapannya. Sayang seribu sayang, Anjali (Kajol) ternyata sudah dipertunangkan dengan seorang pengusaha lokal yang kaya raya bernama Aman Mehra (Salman Khan).

Apakah niat Anjali (anak Rahul) untuk mempersatukan Rahul dan Anjali berhasil? Lalu apakah yang akan dilakukan Anjali muda untuk mengatasi permasalahan yang amat rumit itu?

Anjali Sharma: Why didn’t you marry again?
Rahul Khanna: [jokingly] I didn’t find you, did i? Otherwise I would have married you… Anjali, we get born once, we die once, we fall in love once, and we get married…
Anjali Sharma: [interrupting] … once.
Rahul Khanna: well… why didn’t you marry?
Anjali Sharma: I didn’t find you, did I?

Kuch Kuch Hota Hai menawarkan sebuah kisah percintaan yang menyayat hati. Sebuah kata cinta terpendam menjadi benang merah film ini. Seperti film-film Bollywood lainnya, Kuch Kuch Hota Hai masih menampilkan ciri khas perfilman India, yaitu musikal. Banyak lagu-lagu yang enak didengar dan menjadi hits di dunia, salah satunya adalah lagu Kuch Kuch Hota Hai. Tiga bintang utamanya bermain sangat bagus dan natural. Filmnya sendiri bertutur flashback lalu maju yang menjadi nilai tambah sebuah film drama. Kisah cinta segitiga yang menyayat hati ditampilkan secara pas. Diselingi dengan lagu-lagu hits disertai balutan adegan-adegan yang romantis dan memorable semakin mengukuhkan keperkasaan perfilman Bollywood. Kuch Kuch Hota Hai adalah murni film romantis mengenai apa itu cinta sejati. Di film ini kita dapat menemukan makna cinta yang sebenarnya. Cinta adalah persahabatan dimana kita harus rela berkorban. Cinta sejati itu juga ada dalam persahabatan. Tanpa bersahabat kita tidak bisa mencintai. Dan percayalah cinta itu adalah sesuatu yang ajaib, karena cinta sejati tak akan pernah benar-benar meninggalkan kita. (Review by Achmad Muchtar)

About these ads

12 responses to “Kuch Kuch Hota Hai (1998)

  1. salsa Oktober 13, 2011 pukul 13:35

    sungguh mengharuh kan

  2. Arsy adefa gaul abizz Oktober 24, 2011 pukul 18:30

    Mengharukan…
    Q ngliatx mpe nangis….
    Q ska pemerannya itu anjali(kajol) ..
    Karena anjali(kajol) berani merelakan rasa cintanya kpd rahul demi rahul dan tina….

  3. ic@nk Desember 29, 2011 pukul 16:15

    ga ada kata kata lain kecuali best …best….best
    bravo bollywood

  4. christovel Februari 10, 2012 pukul 23:20

    love this drama so much until now…
    no one drama so far will change this one…

    memorable drama with super nice love story about “true love”…
    after all, sacrifice was so important to get what i called ‘true love’..

  5. Erfin Fatmaning Tyaz Juli 26, 2012 pukul 16:07

    Sungguh mengharukan dan berakhir bahagia

  6. yana atiqah Juli 28, 2012 pukul 05:47

    yeap .. nonton banyak2 masih tidak boring . memang the best laa (:

  7. Naim Khan Agustus 5, 2012 pukul 10:44

    I love SRK n Kajol… the best actris… n my favorite

  8. dewi lestari September 14, 2012 pukul 14:05

    Ceritanya sangat menusuk hati
    Dan cerita ini hampir menyerupai cerita cinta saya….
    I like it,,

  9. novi nurlatifah Oktober 18, 2012 pukul 13:50

    hmmm kuch kuch hotahai very romantic shahruk pyar dosti hai duuhhh soossswwiittt,and films india and indonesia huh its the best kuch kuch hotahai ,very funny tina and shahrukh

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: